Dasar-Dasar Algoritma
Dewasa ini, computer digunakan dihampir semua bidang kehidupan manusia, mulai dari
pendidikan, bisnis, sampai dengan game. Bicara soal computer tidak lepas dari pemrograman
computer. Hal ini karena computer adalah mesin yang tidak bisa apa-apa. Kita harus
memberikan serangkaian instruksi kepada computer agar mesin 'pintar' ini dapat memecahkan
suatu masalah. Langkah-langkah yang kita dilakukan dalam memberikan instruksi kepada
computer untuk memecahkan masalah dinamakan dengan pemograman computer.
Computer adalah mesin digital artinya computer hanya mengenal kondisi ada arus listrik
biasanya dilambangkan dengan 1 dan tidak ada arus listrik dilambangkan dengan 0. Dengan
kata lain kita harus menggunakan sandi 0 dan 1 untuk melakukan pemograman computer.
Bahasa pemograman yang menggunakan sandi 0 dan 1 disebut dengan bahasa mesin. Karena
bahasa ini sangat susah maka muncul ide untuk melambangkan untaian sandi 0 dan 1 dengan
singkatan kata yang yang disebut dengan emnemonik code. Bahasa pemograman yang
menggunakan singkatan ini disebut dengan bahasa assembly. Sebagain Contoh perintah 0011
1010 0000 1011. Perintah dalam bahasa mesin ini sama artinya dengan bahasa assembly CMP
AK, 0D. CMP disini artinya CoMpare.
Bahasa assemblypun dirasa orang masih sangat sulit maka dikembangkan bahasa 3GL(third
generation language) HLL (high level language). Contoh dari bahasa ini antara lain : Basic,
Pascal, C, C++, COBOL, dll. Bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris memang bahasa
tersebut adalah bahasa international.
Langkah-langkah pemograman computer
1) Mendifinisikan masalah
Langkah ini sering kali dilupakan oleh banyak pemogram. Begitu mereka mendapat
perintah untuk membuat suatu program, mereka langsung menuliskan programnya
tanpa mendifinisikan masalahnya terlebih dahulu.
" semakin cepat anda menulis program akan semakin lama anda menyelesaikannya"
by Henry Ledgard.
2) Menentukan solusi
Apabila permasalahan terlalu komplek biasanya harus membaginya dalam beberapa
modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.
Contoh :
Program untuk menghitung invers dapat dibagi menjadi beberapa modul kecil. Modul
pertama adalah meminta memasukkan dari pengguna berupa matrik bujur sangkar.
Modul kedua adalah mencari invers matriks yang dimasukkan pengguna. Modul
terakhir adalah menampilkan hasilnya kepada pengguna.
3) Memilih algoritma
Langkah ini merupakan langkah penting dalam pemograman computer. Mengapa ?
karena pemilihan algoritma yang salah akan menyebabkan program memiliki unjuk
kerja yang kurang baik.
4) Menulis program
5) Menguji program
6) Setelah program selesai ditulis anda harus mengujinya. Apakah program berhasil
dikompail, apakah program menampilkan output program yang diinginkan.
7) Menuliskan dokumentasi
Saat menulis program setiap baris atau beberapa program tambahkan komentar yang
menjelaskan kegunaan dari suatu pernyataan.
Download Ebooks Link
http://www.ziddu.com/download/14270457/program-pascal.rar.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Total Tayangan Halaman
Online
Popular Posts
-
Matlab adalah singkatan dari Matrix Laboratory, software yang dibuat dengan menggunakan bahasa ini dibuat oleh The Mathworks.inc dan te...
-
Kombiansi Tombol Alt dengan Angka-angka ASCII Dalam kegiatan mengetik sehari-hari terkadang diperlukan simbol-simbol tertentu yang merupaka...
-
“Grafik komputer” atau Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan ma...
-
Jenis-Jenis RAM RAM. Sebuah RAM akan menjaga data yang terdapat di dalamnya selama ada listrik (power) yang mengalir pada chip memori. RAM...
-
Flashdisk ternyata bisa di upgrade juga...hahhahah............... Flahsdisk yang kita gunakan terkadang ternyata ada rahasia besar yang bel...
-
Perintah – perintah dalam lingkungan databases adalah : SELECT Pernyataan SELECT digunakan untuk query database tentang informasi datab...
-
Pengertian processor Processor merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai pusat pengendali dan pengatur dari keseluruhan kegiatan pe...
-
8086/8088 Device Specifications • DIP (Dual In-Line Packages). 1. 8086: 16-bit microprocessor dengan 16-bit data bus 2. 8088: 1...
-
Tipe-Tipe Memori Fast page Mode DRAM (FPM RAM) . Sebelum terdapat EDO RAM, FPM RAM merupakan tipe memori utama yang digunakan pada komputer...
-
./Cara memperbaiki komputer yang telah terlanjur terinfeksi oleh virus. pada postingan sebelumnya yang bisa anda baca disini, saya membaha...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar