20.3.11

Modul Pembelajar Program Pascal beserta Contoh

Dasar-Dasar Algoritma


Dewasa ini, computer digunakan dihampir semua bidang kehidupan manusia, mulai dari
pendidikan, bisnis, sampai dengan game. Bicara soal computer tidak lepas dari pemrograman
computer. Hal ini karena computer adalah mesin yang tidak bisa apa-apa. Kita harus
memberikan serangkaian instruksi kepada computer agar mesin 'pintar' ini dapat memecahkan
suatu masalah. Langkah-langkah yang kita dilakukan dalam memberikan instruksi kepada
computer untuk memecahkan masalah dinamakan dengan pemograman computer.

Computer adalah mesin digital artinya computer hanya mengenal kondisi ada arus listrik
biasanya dilambangkan dengan 1 dan tidak ada arus listrik dilambangkan dengan 0. Dengan
kata lain kita harus menggunakan sandi 0 dan 1 untuk melakukan pemograman computer.
Bahasa pemograman yang menggunakan sandi 0 dan 1 disebut dengan bahasa mesin. Karena
bahasa ini sangat susah maka muncul ide untuk melambangkan untaian sandi 0 dan 1 dengan
singkatan kata yang yang disebut dengan emnemonik code. Bahasa pemograman yang
menggunakan singkatan ini disebut dengan bahasa assembly. Sebagain Contoh perintah 0011
1010 0000 1011. Perintah dalam bahasa mesin ini sama artinya dengan bahasa assembly CMP
AK, 0D. CMP disini artinya CoMpare.

Bahasa assemblypun dirasa orang masih sangat sulit maka dikembangkan bahasa 3GL(third
generation language) HLL (high level language). Contoh dari bahasa ini antara lain : Basic,
Pascal, C, C++, COBOL, dll. Bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris memang bahasa
tersebut adalah bahasa international.

Langkah-langkah pemograman computer
1) Mendifinisikan masalah
Langkah ini sering kali dilupakan oleh banyak pemogram. Begitu mereka mendapat
perintah untuk membuat suatu program, mereka langsung menuliskan programnya
tanpa mendifinisikan masalahnya terlebih dahulu.
" semakin cepat anda menulis program akan semakin lama anda menyelesaikannya"
by Henry Ledgard.
2) Menentukan solusi
Apabila permasalahan terlalu komplek biasanya harus membaginya dalam beberapa
modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.
Contoh :
Program untuk menghitung invers dapat dibagi menjadi beberapa modul kecil. Modul
pertama adalah meminta memasukkan dari pengguna berupa matrik bujur sangkar.
Modul kedua adalah mencari invers matriks yang dimasukkan pengguna. Modul
terakhir adalah menampilkan hasilnya kepada pengguna.
3) Memilih algoritma
Langkah ini merupakan langkah penting dalam pemograman computer. Mengapa ?
karena pemilihan algoritma yang salah akan menyebabkan program memiliki unjuk
kerja yang kurang baik.
4) Menulis program
5) Menguji program
6) Setelah program selesai ditulis anda harus mengujinya. Apakah program berhasil
dikompail, apakah program menampilkan output program yang diinginkan.
7) Menuliskan dokumentasi
Saat menulis program setiap baris atau beberapa program tambahkan komentar yang
menjelaskan kegunaan dari suatu pernyataan.

Download Ebooks Link
http://www.ziddu.com/download/14270457/program-pascal.rar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Photobucket

Popular Posts

Followers

Artikel

Cari Blog Ini

Featured