5.4.11

JENIS-JENIS RAM DAN HUBUNGAN MEMORI

Jenis-Jenis RAM

RAM. Sebuah RAM akan menjaga data yang terdapat di dalamnya selama ada listrik (power) yang mengalir pada chip memori. RAM memiliki kepanjangan Random Access Memory, dan jenis memori ini merupakan memori volatile. Artinya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semua data yang terdapat di dalamnya akan hilang jika tidak ada lagi asupan (supply) listrik. RAM merupakan memori komputer yang biasa kita kenal saat ini.

Static RAM (SRAM)
Sesuai dengan prinsip RAM yang merupakan memori volatile, SRAM membutuhkan arus listrik untuk menyimpan data yang terdapat di dalamnya. Data-data yang terdapat pada SRAM akan berubah (refresh) jika terdapat sebuah perintah “write” dieksekusi. SRAM memiliki kecepatan yang sangat baik, namun jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan DRAM. SRAM biasanya menggunakan cache memory untuk meningkatkan kecepatannya.

Async SRAM. Tipe lama dari SRAM digunakan pada beberapa komputer sebagai L2 cache. Merupakan sebuah memori asynchronous, yang berarti bahwa memori ini bekerja secara independen dari system clock. Jadi secara sederhana, processor atau CPU menunggu info dari L2 cache ketika bekerja. Async RAM merupakan jenis dari Static RAM (SRAM).

Dynamic RAM (DRAM)
Tidak seperti SRAM yang hanya mengubah data ketika perintah "write" dieksekusi, DRAM harus secara terus menerus melakukan penulisan data untuk menjaga data yang terdapat di dalamnya. Hal ini dilakukan dengan menempatkan memori pada "refresh circuit” yang bertugas untuk melakukan penulisan ulang (re-write) data beberapa ratus kali dalam satu detik. DRAM biasa digunakan pada kebanyakan memori komputer dikarenakan harganya yang mudah dan juga memiliki dimensi yang cukup kecil.

Macam-macam hubungan memori


Hubungan alamat

seluruh piranti memori mempunyai set input alamat yg di gunakan utk memilih lokasi memory dalam pirnti memory
bilanag alamat pin yg ditemukan pada piranti memori ditentukankan oleh bilangan lokasi memori yg ditemukan di dalamnya.

Hubungan data

hubungan data merupakan poin dimana data di masukan untuk disimpan untuk dibaca..
dalam piranti yg sederhana,ada 8 hub I/O,yg berarti bahwa piranti memori dapat menyimpan 8 bit data dalam setiap loasi memorinya
piranti dangan lebar 8 bit sering di sebut dgn byte-wide memory

Hubungan pemilihan seleksi

setiap piranti memori mempunyai input semacam ini palaing sering disebut chip select(CS) atau input chip enable(CE).
memori RAm pada umumnya mempunyai minimal 1 input CS, dan ROM minimal 1 CE.
jika input CE atau CS aktif, piranti memori dapat dibaca atau dituliskan karen di matikan,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Photobucket

Popular Posts

Followers

Artikel

Cari Blog Ini

Featured